Kamis, 11 Mei 2017
ESSAY ON ISO 14000



A. WHAT THE MEANING OF ISO 14000?

ISO 14000 series adalah bentuk seperangkat standar internasional bidang manajemen lingkungan yang bertujuan untuk membantu organisasi di seluruh dunia dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pengelolaan lingkungan di sebuah daerah. Pembentukan standar ISO 14000 series dalam dunia usaha sebagai kontribusi terhadap pencapaian Pembangunan Berkelanjutan yang disepakati dalam KTT Bumi di Rio de Janeiro Tahun 1992. Banyak dari wakil pihak pemerintah, dunia usaha, pakar, praktisi dan pihak lain yang berkepentingan terlibat dalam perumusan standar tersebut. ISO 14000 series mencakup beberapa kelompok dari perangkat pengelolaan lingkungan, Manajemen Lingkungan, Audit Lingkungan, dan Evaluasi Kinerja Lingkungan, Ekolabel, dan Kajian Daur Hidup Produk. Penerapan standar ini bersifat sukarela. Standar yang paling populer ialah ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan yang menjadi dasar sertifikasi ISO 14001. Dalam ISO 14001 sebuah perusahaan dapat meningkatkan kualitas dari produk dan nilai jualnya karena dirasa mampu mengelola produk sesuai standart lingkungan, hal ini dapat meningkatkan keuntungan dua belah pihak antara konsumen dan produsen karena dua dau nya sudah mempunyai keistimewaan dalam mengelola produk nya, di sisi produsen sudah dapat mengelola limbah sesuai prosedur, dan dari segi konsumen dapat menikmati produk sesuai kriteria lingkungan.

B. WHO’S CREATOR OF ISO 14000?
Semua organisasi di dunia dari beragam jenis kegiatan, berbeda lokasi, beragam ukuran, pada dasarnya dapat menerapkan standar ISO 14000, sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Beberapa pihak organisasi perlu dan bertanggung jawab untuk menunjukkan kepada pihak lain (mitra usaha, investor, konsumen, masyarakat dll) bahwa kegiatan pengelolaan lingkungan organisasi yang bersangkutan. Mengikuti standar yang diakui secara internasional, seperti ISO 14000. Faktor pendorong utama dalam penerapan standar ISO 14000 di semua lini di dunia ini adalah semakin meningkatnya kepedulian berbagai individu terhadap pentingnya upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup. Di satu sisi, pihak perusahaan atau organisasi yang bersangkutan  dapat secara proaktif menerapkan standar ISO 14000 untuk meningkatkan citra organisasi dan meningkatkan daya saingnya, sementara di sisi lain banyak sekali organisasi lain merasa perlu menerapkan standar ISO 14000 untuk mengantisipasi permintaan konsumen dan mitra usaha. Semua lini dalam hulu sampai hilir dalam lini produksi termasuk perusaan dan organisasi terkemuka maupun yang pemula merasa perlu untuk sadar akan lingkungan karena tidak dapat di pungkiri bahwa dunia ini sudah penuh akan sampah dan limbah yang membahayakan penerus kita kelak, jadi tidak ada salah nya dan bahkan di anjurkan untuk menjaga lingkungan setidaknya dengan mengolah limbah yang pas bagi lingkungan dan dapat di daur ulang bagi lingkungan itu sendiri. ISO 14000 membuat dunia sadar akan pentingnya lingkungan, apalagi bagi perusahaan pertanian yang sangat bergantung pada alam tentunya, hal ini selain untuk mendapatkan untung yang maksimal namun juga untuk menyiapkan lingkungan yang pas yang dapat diolah kembali ketika musim produksi sudah akan di mulai, mereka berfikir akan sebuah pertanian berkelanjutan yang menguntungan dan menyelamatkan anak cucu kita kelak.

C. WHAT ARE THE BENEFITS OF ISO 14000?
Manfaat dari ISO 14000 adalah :
a. Pengelolaan lingkungan yang lebih efektif dalam organisasi dan efisien dalam perusahaan, hal ini di maksudkan untuk mendapatkan sebuah lingkungan yang lebih efektif dan efisien tidak hanya mengandalkan lingkungan itu sendiri namun juga harus mengandalkan diri kita sendiri selaku penikmat lingkungan dapat menjaga nya dan merawatnya secara baik dan bijak.
b. Untuk menyediakan bagian yang berguna dan bermanfaat dan fleksibel sehingga mencerminkan organisasi yang baik. Organisasi yang baik tentu tidak hanya dapat dilihat dari bagaimana mereka melakukan limbah nya, namun harus ada yang mengawasi secara struktural bagaimana perusahaan itu mengolahnya, dengan ISO14000 sebuah perusahaan sudah dapat dikatakan baik dalam pengelolaan lingkungan.
c. Memperkirakan, mengidanfikasi, dan mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul. Dunia yang semakin modern ini dapat dipastikan selalu ada masalah baru dalam hal pengelolaan lingkungan, hal inilah yang membuat ISO 14000 semakin di butuhkan dan di pentingkan dalam perusahaan.
d. Dapat memelihara hubungan baik dengan masyarakat, dapat menekan biaya produksi dapat mengurangi kecelakan kerja, , pemerintah dan pihak – pihak yang peduli terhadap lingkungan. hal ini sudah di atur dalam syarat penerimaan ISO 14000 yang dapat menjamin bukan hanya lingkungan namun juga para pekerja di dalam nya agar lebih nyaman dalam bekerja karena di lindungi secara hukum.
e. Memberi jaminan kepada konsumen tentang komitmen pihak manajemen puncak terhadap lingkungan. Para konsumen tentu akan lebih memilih perusahaan yangs sudah ber ISO dari pada yang belum, hal ini tentu dapat dilihat dari kinerja ISO itu sendiri yang merupakan penjamin kinerja kebaikan sebuah perusahaan
f. Dapat meningkat citra perusahaan, memperbesar pangsa pasar, danmeningkatkan kepercayaan konsumen. Konsumen yang pintar akan memilih perusahaan yang pintar pula dalam mengelola lingkungan , hal ini dapat terbuksi karena banyak perusahaan besar yang sudah mempunyai ISO 14000 maupun ISO yang lain.
g. Menunjukan ketaatan perusahaan terhadap perundang – undangan yang berkaitan dengan lingkungan. Hal ini menjamin konsitenitas perusahaan dalam mengelola lingkungan karena ISO di lindungi undang-undang dan menjadi dasar di organisai internasional tentang lingkungan.
h.  Mempermudah memperoleh izin dan akses kredit bank. Pasti bank juga akan melirik ke perusahaan yang sudah peduli dengan lingkungan dan kesehatan di sekitarnya.
i.  Dapat meningkatakan motivasi para pekerja. Pekerja yang bekerja di tempat yang sehat pasti akan lebih semangat dalam bekerja karena di dukung dengan lingkungan yang baik dan sistem kerja yang baik pula.

 ISO 14000 ada untuk membantu organisasi meminimalkan bagaimana operasi mereka berdampak negatif pada lingkungan. Sistem ini dapat diterapkan berdampingan dengan ISO 9000. ISO 14000 menawarkan guidance untuk memperkenalkan dan mengadopsi sistem manajemen lingkungan berdasarkan pada praktek – praktek terbaik, hampir sama di ISO 9000 pada sistem manajemen mutu yang sekarang diterapkan secara luas.

D. ISO 14000 ON ENVIRONMENTALLY AGRICULTURE?
Iso 14000 dapat mendukung dan mewujudkan pertanian agar lebih maju dan bersahabat dengan alam, Iso ini dapat mengatur dan memberikan lisensi pada perusahaan pertanian agar lebih mengolah limbah nya supaya lebih di terima oleh alam. Benefitnya tentu perusahaan lebih di percaya oleh masyarakat karena limbahnya saja di perhatikan apalagi produk utamanya.
Dahulu tanpa ISO 14000 banyak perusahaan yang ngawur membuang limbahnya di sembarang tempat hal ini tentu banyak memicu blooming alga bahkan pencemaran air, udara serta tanah, sehingga yang di rugikan adalah masyarakat di sekitar pabrik.
Peran lain ISO 14000 adalah untuk meningatkan daya jual produk petani ke masyarakat karena sudah lolos uji lingkungan sehingga tidak membahayakan masyarakat maupun alam. Adanya ISO ini lebih menguntungkan di kedua pihak antara perusahaan pertanian dan masyarakat sekitar serta konsumen luas, karena semua sudah di jamin aman oleh ISO 14000. THE GREAT AGRICULTURE pasti melihat bentuk-bentuk sebuah pertanian berkelanjutan yang bermanfaat bagi indonesia kelak, bahkan dapat membantu masyarakat di sekitarnya, Dalam hal ini ISO 14000 menjadi ISO yang mendukung pertanian itu sendiri karena sama-sama mendukung sebuah lingkungan yang bersih dan sehat, hal ini tentu saja menjadi pedoman yang pas dan konsisten dalam kinerja sebuah perusahaan pertanian maupin non pertanian untuk terus menjaga mutu yang baik dalam produknya dan dapat berpengaruh yang baik dalam lingkungan nya.

Di masa depan perusahaan yang berpengaruh baik dalam lingkungan lah yang akan menang dalam kompetisi karena di masa depan masyarakat semakin pintar mana perusahaan pendukung lingkungan dan mana perusahaan perusak lingkungan,

Dalam Agriculture sendiri ISO 14000 sebagai sebuah pelindung bagi sebuah perusahaan dari isu yang berkembang di masyarakat tentang limbah yang sembarangan di buang dan perusakan lingkungan, ISO ini seperti tameng dalam sebuah perusahaan agar selalu mendapat kan citra yang baik di masyarakat.




0 komentar:

Posting Komentar

 
;